Mengenal Delphi


­­­­­­­Hal Umum Tentang Delphi

Perbedaan fitur yang utama antara Delphi, Kylix dengan IDE-IDE yang lain adalah keberadaan bahasanya (Bahasa pemrograman delphi), VCL/CLX (Visual Component Library), Penekanan konektifitas database yang sangat baik, dan banyaknya komponen-komponen pihak ketiga yang mendukungnya.

Aspek penting yang perlu dicatat tentang Bahasa pemrograman Delphi termasuk:

1. Penanganan object sebagai reference/pointer secara transparan

2. Properti sebagai bagian dari bahasa tersebut; benar, sebagai getter dan setter (atau accessor and mutator), yang secara transparan mengenkapsulasi akses pada field-field anggota dalam kelas tersebut.

3. Property index dan Default yang menyediakan akses pada data kolektif

4. Pendelegasian (type safe method pointer) yang digunakan untuk memproses event yang dipicu oleh component

5. Pendelegasian implementasi interface pada Field ataupun property dari class.

6. Implementasi penanganan windows message dengan cara membuat method dalam class dengan nomer/nama dari windows message yang akan dihandle.

7. bersifat sebagai interface yang independen dengan implementasi class sebagai reference counted

8. Kompilasi yang dapat menghasilkan kode yang berjalan secara native x86 ataupun managed code pada arsitektur framework .NET

Lingkungan pengembangan terpadu atau Integrated Development Environment (IDE) dalam program Delphi terbagi dalam 6 bagian utama, yaitu Main Window, Toolbar, Component Palette, Form Designer, Code Editor dan Object Inspector. Namun dalam pengembangan Delphi, terdapat 1 bagian IDE lagi yaitu Object Tree View.

Keunggulan dan Kelemahan Delphi

Delphi mempunyai keunggulan – keunggulan :

1. Komunitas pengguna yang besar pada Usenet maupun web

2. Dapat mengkompilasi menjadi single executable, memudahkan distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning

3. Banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut source codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi, tool debugging)

4. Optimasi kompiler yang cukup cepat

5. Mendukung multiple platform dari source code yang sama

Kelemahan – kelemahan Delphi :

1. Partial single vendor lock-in (Borland dapat menetapkan standar bahasa, kompatibilitas yang harus mengikutinya)

2. Terbatasnya kamampuan portabilitas antar-platform OS (sebelum ada kylix)

3. Akses pada platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pascal

4. Dokumentasi atas platform dan teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh akses COM dan Win32)


Beberapa Klon Delphi

Meskipun tidak bersifat subsitutif penuh terhadap keseluruhan paket delphi, ada beberapa usaha yang dilakukan untuk membuat kompatibilitas bahasa ini menjadi lebih baik atu bahkan lebih buruk dengan membuat kode delphi yang tidak bisa dicapai oleh delphi ataupun kylix sendiri.

Produk-produk berikut bisa membuat kode delphi berjalan dalam alur yang tidak mungkin dilakukan oleh Delphi (seperti dukungan terhadap sistem operasi yang berbeda, distribusi yang gratis dan penggunaan untuk kebutuhan pendidikan, dan penyertaan kode dari kompilernya sendiri) yang menjadikan vendor bisa menjadi lebih independen. Produk-produk berikut ini umumnya digunakan untuk kebutuhan edukasi dan mengusahakan agar sisi aplikasi delphi yang berjalan pada server bisa berjalan pada sistem operasi alternatif selain dari yang didukung oleh delphi/kylix, umumnya produk tersebut sudah mensupport linux sebelum kylix muncul.

o Bloodshed Dev-Pascal Salah satu IDE Win32 yang mensupport GNU Pascal maupun Free Pascal

o Free Pascal Kompiler berbasis commandline dengan dialek yang sangat dekat dengan Turbo Pascal dan Delphi. Fitur yang terdapat pada Delphi versi 4 ke atas hanya diimplementasikan pada seri versi 1.9.x (akan menjadi seri 2.0.x). Versi beta ini sudah bisa digunakan secara baik. Beroperasi umumnya pada sistem operasi berbasis x86. Mendukung Linux, Mac OS dan Mac OS X (termasuk implementasi Xcode pada keluarga PowerPC, dan Linux berbasis AMD64. SPARC and arsitektur Mesin RISC Acorn (ARM) masih sedang dikerjakan dan belum siap dideploy.

o GNU Pascal secara terpisah didistribusikan sebagai bagian dari GNU Compiler Collection dan tidak mendukung dialek pascal yang diimplementasikan borland

o InnerFuse merupakan interpreter bahasa Delphi yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi Delphi

o Lazarus merupakan satu upaya untuk membangun sebuah RAD berbasis Free Pascal.

o OpenSibyl

o Virtual Pascal

o WDOSX

o Winsoft Pocket Studio
Borland delphi merupakan aplikasi database yang berbasis objek pascal dari borland. Delphi juga memberikan fasilitas pembuatan aplikasi visual. Delphi menjadi pilihan untuk membuat aplikasi visual karena produktifitasnya tinggi. Delphi 7 memberikan fasilitas untuk dua platform windows dan linux. Delphi untuk linux sebelumnya dikemas dalam sebuah aplikasi terpisah yang bernama kylix, tetapi delphi 7 menyatukannya dalam sebuah aplikasi. Library untuk windows disebut VCL dan untuk linux disebut CLX.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai delphi, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2320/1/Sinusoidal%20Scrolling%20OpenGL%20project%20in%20Delphi.pdf

    BalasHapus