Program If Then ELse Pada C++


#include<iostream.h> digunakan untuk melibatkan objek cout
 #include<conio.h> digunakan untuk melibatkan clrscr(),yaitu perintah untuk membersihkan layar
int main ( ) mendeklarasikan fungsi dan fungsi utama yang harus ada dalam setiap pemrograman menggunakan bahasa C++
clrscr(); perintah yang digunakan untuk membersihkan layar
int adalah type data yang membaca angka/bilangan bulat
a,b,c adalah sebuah variable yang berjenis integer
Cout<<”nilai UTS :”;cin>>a;  layar akan mencetak ’ nilai UTS  : ‘dengan menyediakan input-an dari variable ‘a’ , lalu diakhiri tanda semicolon ; (untuk mengakhiri sebuah pernyataan)
Cout<<”nilai UAS :”;cin>>b;  layar akan mencetak ’ nilai UAS : ‘dengan menyediakan input-an dari variable ‘b’ , lalu diakhiri tanda semicolon ; (untuk mengakhiri sebuah pernyataan)
Endl; membuat garis baru satu buah
c=(a+b)/2; disana terdapat rumus untuk mendapat variable c dengan menjumlahkan variable a+b lalu dibagi 2
Cout<<”nilai anda  =”<<c<<endl;  layar akan mencetak ’ nilai anda : ‘dengan menyediakan input-an dari variable ‘c’ yang sebelumnya sudah didapatkan dari a+b/2, lalu diakhiri tanda semicolon ;(untuk mengakhiri sebuah pernyataan)
If (c>=70&&c<100) {cout<<”PREDIKAT ANDA ‘A’ ”;} disana terdapat percabangan if ..else . jika variable “c” ,jika c lebih besar dari pada 70 dan c kurang dari 100 maka akan tercetak PREDIKAT ANDA ‘A’ , dan maksud dari && berarti sampai dengan atau gabungan
Else If (c>=60&&c<79) {cout<<”PREDIKAT ANDA ‘B’ ”;} disana terdapat percabangan else if  . (selain itu jika) . jika variable “c” ,jika c lebih besar dari pada 60 dan c kurang dari 79 maka akan tercetak PREDIKAT ANDA ‘B’ .
Else If (c>=40&&c<59) {cout<<”PREDIKAT ANDA ‘C’ ”;} disana terdapat percabangan else if  . (selain itu jika) . jika variable “c” ,jika c lebih besar dari pada 40 dan c kurang dari 59 maka akan tercetak PREDIKAT ANDA ‘C’ .
Else {cout<<”GAGAL”;} jika percabangan if dan else if tidak terlaksana maka percabangan else akan dilaksanakan maka akan tercetak GAGAL
getch( );
getch() merupakan singkatan dari get character artinya baca karakter tetapi isian data yang dimasukkan tidak akan ditampilkan di layar
LA, Novrianto Ramadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar