Perbedaan Present perfect tense dan Simple Past Tense

# DEFINISI
 Present perfect tense adalah suatu tenses yang digunakan untuk menyatakan situasi yang sudah dimulai di waktu lampau dan masih berlanjut sampai sekarang atau telah selesai pada suatu titik waktu tertentu di masa lalu namun efeknya masih berlanjut.

sementara Simple Past Tense merupakan tenses yang menyatakan situasi terjadi pada masa lalu tanpa ingin menekankan pekerjaan tersebut sedang terjadi atau telah terjadi.


# SAAT PENGGUNAAN
Present perfect tense menggunakan waktu present (saat ini). Walaupun sudah lewat tetapi masih dalam satu periode waktu. Rumus tensenya adalah S + Have/Has + (not)+ V3  + O. 
Contoh :
(+) I have sent the email to her this night
Saya sudah mengirimkan email ke Dia malam ini.
(-) she does not have finished his homework yet today
Dia belum menyelesaikan pekerjaan rumahnya sama sekali.

Simple Past Tense
menggunakan waktu past (lampau) yang spesifik sudah lewat dari periode.
Rumus tenses positifnya adalah S + V2 + O atau S + was/were
sementara rumus tenses negatifnya adalah S + did not + Infinitif + O atau S + was/were + not.
Contoh:
(+) I was teacher in two years ago
Saya seorang guru pada dua tahun lalu
(+) I saw my Girlfriend with her family at KFC Restaurant yesterday
Saya melihat pacar saya dengan keluarganya di Restoran KFC kemarin
(-) You were not airport employee again in two year ago
Anda bukan pegawai bandara lagi pada dua tahun lalu
(-) I did not call you last month
Saya tidak memanggilmu pada bulan lalu

SETELAH PEMPROSESAN
Present perfect tense akibatnya masih bisa terasa karena masih dalam satu periode

Contoh :

(+) Look at this! she have painted this picture as your birthday gift today.
Lihat ini! Dia sudah menggambar lukisan ini sebagai kado ulang tahunmu hari ini.
(-)Wait me! I have not finished my work yet for one day
Tunggu aku. Aku belum selesai menyelesaikan pekerjaanku selama 1 hari

Simple Past Tense
 akibatnya sudah tidak terasa karena sudah lewat periode.


Contoh :
(+) I swam at Lipo cikarang Pool Last Month
Saya berenang di kolam renang lipo cikarang Bulan kemarin


(-) I did not borrow your Harry Potter novel yesterday
Saya tidak meminjam novel Harry Potermu kemarin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar