Dalam membuat satu tampilan terutama untuk tampilan antarmuka aplikasi dibutuhkan rancangan atau sketsa yang lazimnya disebut dengan desain. Berikut ini akan dibahas lebih rinci mengenai desain.
Definisi
Desain
Desain
secara etimologi, istilah Desain berasal "dari tadi" beberapa serapan
bahasa, yaitu kata "designo" (Itali) yang secara gramatikal berarti
gambar dan bermakna:
- Untuk membuat sketsa persiapan
- Untuk merencanakan dan
melaksanakan eksperimen
- Untuk membentuk satu pemikiran
dan
berasal dari kata "designare" (Latin) yang berencana, berskema, dan
berproyek.
Prinsip-Prinsip
Desain
Dalam
membuat desain, diperlukan sejumlah prinsip yang perlu dipenuhi, yaitu :
- . Keselarasan (Harmoni)
Keselarasan
merupakan prinsip desain yang diartikan sebagai keteraturan tatanan diantara
bagian-bagian suatu karya. Keselarasan dalam desain merupakan pembentukan
unsur-unsur keseimbangan, keteraturan, kesatuan, dan perpaduan yang
masing-masing saling mengisi dan menimbang.
- . Kesebandingan (Proporsi)
Kesebandingan
(proporsi) merupakan hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian lain
atau bagian dengan elemen keseluruhan.
- . Irama (Ritme) Penekanan (Emphasis)
Irama
(ritme) dapat kita rasakan. Ritme terjadi karena adanya pengulangan pada
bidang/ruang yang menyebabkan kita dapat merasakan adanya perakan, getaran,
atau perpindahan dari unsur satu ke unsur lain.
- . Keseimbangan (Balance)
Tujuan
utama sebuah karya diskomvis adalah menarik dilihat. Bentuk keseimbangan yang
sederhana adalah keseimbangan simetris yang terkesan resmi atau formal,
sedangkan keseimbangan asimetris terkesan informal dan lebih dinamis.
Dalam
setiap bentuk komunikasi ada beberapa bahan atau gagasan yang lebih perlu
ditampilkan dari pada yang lain. Tujuan utama dalam pemberian penekanan
(emphasis) adalah untuk mengarahkan pandangan pembaca pada suatu yang
ditonjolkan. Emphasis dapat dicapai.
Ide dalam
membuat desain
Desain
dihasilkan dari ide-ide cemerlang manusia, baik sendiri maupun gabungan dari
hasil sekelompok. Untuk mendapatkan ide kadang muncul secara tiba-tiba atau
spontan. Tapi pada umumnya ide sangat sulit diperoleh, bahkan membutuhkan waktu
proses yang lama. Akan tetapi semua itu akan terbayarkan dengan hasil yang
maksimal atau dengan kata lain kebutuhan batinnya telah terpenuhi.
Untuk
mencari ide dalam membuat desain, terutama untuk desain antarmuka GUI aplikasi,
sebaiknya anda pelajar terlebih dahulu antarmuka GUI aplikasi pada umumnya.
Kemudian mencoba berbagai demo tampilan antarmuka aplikasi, khususnya yang
bagus dilihat disertai animasi menarik. Jangan lupa untuk berkonsultasi pada sang
ahli dan menanyakan tampilan antarmuka aplikasi yang paling diminati
koresponden.
Tantangan
Dalam Membuat Desain
Tantangan
yang dihadapi saat mendesain tampilan antarmuka aplikasi adalah pembuatan ide
awal, cara menggabungkan estetika dengan tampilan gambar ikon menarik dengan
animasi yang indah.
Tantangan
yang kedua adalah implementasi desain tersebut ke dalam kode pemrograman tetapi
tanpa menambah beban kinerja proses aplikasi.
Tantangan
berikutnya adalah terintegrasinya berbagai elemen-elemen aplikasi yang berisi
animasi-animasi khusus tanpa mengganggu tampilan elemen yang lainnya.
Contoh
Desain dalam Kehidupan Sehari-Hari
- - Desain tampilan antarmuka aplikasi di berbagai platform
- - Desain seni terapan pada furnitur atau benda pakai
- - Desain kartun atau animasi untuk permainan dan hiburan
- - Desain iklan untuk sasaran promosi satu produk secara strategis
- - Desain urban untuk merencanakan tata letak kota dengan penuh estetika
- - Desain seni murni untuk pemenuhan kebutuhan seni
- - Desain dekorasi untuk dekorasi satu ruang sesuai fungsi dan kebutuhannya
- - Desain sampul untuk produk media massa dalam menarik perhatian khalayak umum
Desain
Grafis
Menurut
Wikipedia Indonesia, Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain
komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat
merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan
(rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni
disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di
dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Kesimpulannya
adalah bahwa desain merupakan rancangan atau perencaan dalam membangun satu
tampilan, contohnya tampilan antarmuka aplikasi yang membutuhkan berbagai
teknik berdasarkan prinsip-prinsip desain yang perlu dipenuhi. Agar hasil
desain yang diimplementasikan dapat maksimal dan optimal bagi si pemakai.
Sumber :
- Wikipedia Indonesia - http://id.wikipedia.org/wiki/Desain.
Akses tanggal 23 April 2013.
- Dwi Putri. http://dwiputri08.wordpress.com/2011/04/20/prinsip-prinsip-desain/.
Akses tanggal 23 April 2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar