GUI atau Antarmuka Pengguna Grafis

GUI atau Dalam teknologi komputasi, antarmuka pengguna grafis atau APG (Inggris: Graphical User Interface atau GUI) adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metoda interaksi pada piranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.
GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, piranti bergerak seperti pemutar MP3, pemutar media portabel atau piranti permainan, peralatan rumah tangga, dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis.

Kelebihan dan Kelemahan GUI :
 Kelebihan GUI :
1. Desain Grafis lebih menarik.
2. GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan pengguna.
4. Menarik minat pengguna.
5. Resolusi gambar yang tinggi.

Kekurangan GUI :
1. Memakan memory yang sangat besar.
2. Bergantung pada perangkat keras.
3. Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak fleksibel.



Pengembangan aplikasi dengan GUI:                 
Mengembangkan sebuah aplikasi tentu memerlukan sebuah tools yaitu bahasa pemrograman.Terlebih membuat aplikasi GUI, kita perlu memilih tools yang akan digunakan untuk mengembangkan aplikasi kita.Ada banyak library GUI yang tersedia Swing (Java), GTK (Python, PHP, C++), KDE (Python, C++), Tkinter (Python, Perl, Ruby), ann Qt (C++, Python).Masing – masing punya kelebihan dan kekurangan.Tapi disini saya memilih Tkinter untuk mengembankan aplikasi GUI yang saya buat.Kenapa memilih Tkinter karena Tkinter builtin di python secara default tanpa harus menginstall library GUI nya terlebih dahulu. Bahkan ini juga menggunakan bahasa pemrograman Python untuk pengembangan aplikasi ini
Aplikasi GUI ini adalah tugas grafika komputer yang dibuat untuk mengimplementasikan pembuatan garis dengan menggunakan algoritma naïve, depth duration area, dan midpoint.ketiga algoritma ini saya tulis dalam satu aplikasi.Aplikasi ini terdiri dari 4 text input untuk menerima masukkan koordinat awal dan akhir, sebuah option box untuk memilih algoritma apa yang akan dipakai dalam pembuatan garis, sebuah button untuk mengeksekusi pembuatan garis, canvas untuk memperlihatkan hasil penggambaran dan sebuah textfield untuk memperlihatkan waktu eksekusi penggambaran garis.

Sumber :
Wikipedia Indonesia. http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna_grafis. Akses tanggal 21 April 2013.
Farizal-habsyi. http://farizal-habsyi.blogspot.com/2010/11/kelebihan-dan-kekurangan-gui.html. Akses tanggal 24 April 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar