User Interface atau Atarmuka Pengguna

Antarmuka pengguna (bahasa Inggris: user interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan. Antarmuka pengguna, dalam bidang desain industri interaksi manusia-mesin, adalah sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi.

Tujuan Antarmuka
Secara umum, tujuan dari teknik interaksi manusia-mesin adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka pengguna yang membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan sebuah mesin dengan cara yang menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa operator harus menyediakan input minimal untuk mencapai output yang diharapkan, dan juga bahwa mesin harus meminimalkan output yang tidak diinginkan.

Tipe-tipe Antarmuka
Secara umum antarmuka dibagi menjadi 2 tipe yaitu CLI dan GUI.
CLI (Command Line Interface)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan barisbaris tertentu.
Meskipun memiliki konsep yang sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.



2. GUI (Graphics User Interface)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (window, icon, menu, pointing device).
Sebuah sistem operasi dianggap bagus jika tampilan luarnya (GUI-nya) bagus, walaupun komponen sistem operasi tidak hanya GUI saja. Jadi, penilaian terhadap sebuah sistem operasi tidak bisa hanya dari satu komponen saja. Hal ini dikarenakan GUI adalah kesan pertama pengguna dengan sistem operasi itu. Setiap pengembang sistem operasi berlomba-lomba mengembangkan GUI-nya dengan keunggulannya masing-masing.

Tipe-Tipe Interaksi
Ada 5 tipe utama interaksi untuk user interaction:
1.    Direct manipulation – pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek pada layar.
2.    Menu selection – pilihan berbentuk menu :  Memilih perintah dari daftar yang disediakan.
3.    Form fill-in – pengisian form : Mengisi area-area pada form.
4.    Command language – perintah tertulis : Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program.
5.    Natural language – perintah dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil.
Kesimpulannya adalah Antarmuka pengguna adalah sistem yang memungkinkan pengguna yaitu manusia untuk berinteraksi dengan komputer sehingga komputer dapat menjalankan proses input-output melalui antarmuka. Antarmuka terdapat 2 macam, berbasis teks (CLI) dan berbasis grafik (GUI).

Sumber :
-          Wikipedia Indonesia - https://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna. Akses tanggal 23 April 2013.

-          Rion Permana - http://rionpermana.wordpress.com/perbedaan-cli-dan-gui/. Akses tanggal 24 April 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar